Memperkuat keamanan pada proses mining

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 17:27:44 WIB | dibaca: 186 pembaca | Kebijakan Pertambangan

Memperkuat keamanan pada proses mining

Keamanan kerja terutama pada industri pertambangan merupakan tanggung jawab bersama antara pengusaha, pekerja, dan pemerintah sebagai pengawas dan pencipta iklim industri yang kondusif. Kerugian materi dan timbulnya korban jiwa akan menambah sederet masalah yang timbul akibat kurangnya kesadaran pentingnya menjaga keamanan pada industri pertambangan.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja harus menjadi prioritas utama para stakeholder (pemangku kepentingan) pada industri ini. Secara khusus perusahaan wajib memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja, kontraktor, dan masyarakat sekitar seluruh seluruh pihak yang ikut bekerja sama agar terwujud cita-cita keamanan yaitu zero accident di seluruh area operasional pertambangan.

Dalam realisasi tujuan keamanan zero accident perlu diimplementasikannya Good Mining Practice yang diadopsi baik dengan standar nasional maupun internasional, antara lain OHSAS 18000 serta merujuk pada peraturan dan perundangan terkait keselamatan kerja, juga perlunya pengawasan oleh manajemen perusahaan untuk mengadakan evaluasi dan audit kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja secara berkala sebagai budaya dan etos kerja setiap insan yang berhubungan dengan industri pertambangan.

Kewajiban dalam mematuhi Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Peraturan dan Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Standar Prosedur Operasional (SOP) wajib disosialisasikan oleh manajemen perusahaan dan dipatuhi oleh segenap pekerja dan semua orang yang berada di area kerja tambang. pelanggaran dalam menaati aturan baku atau Golden Rules harus dianggap sebagai pelanggaran serius yang diikuti dengan adanya sanksi atau tindakan disiplin  sesuai dengan Pedoman Tindakan Disiplin.

Penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD)

Penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD) merupakan kewajiban

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir