Cermat berinvestasi pada sektor pertambangan

By Hasiltambang Kamis, 07 Des 2017, 11:25:26 WIB | dibaca: 154 pembaca | Pertambangan Rakyat

Cermat berinvestasi pada sektor pertambangan

Mengutip pernyataan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sekto pertambangan terutama smelter merupakan sektor investasi yang paling diincar oleh foreign direct investor atau penanam modal asing selama semester pertama di tahun 2017. Hal ini menandakan bahwa banyak analis investasi memprediksi dan menunjukkan sentimen positif terhadap industri pertambangan.

Hal ini merupakan angin segar bagi para perusahaan pertambangan yang kini telah memiliki struktur keuangan yang kuat akibat dari peningkatan nilai perusahaan di mata investor. Investasi di sektor pertambangan membutuhkan analisis yang kuat mengingat harga saham perusahaan yang terbilang volatile atau tidak stabil, sehingga penting bagi anda untuk memiliki pengetahuan yang cukup sebelum terjun di bisnis ini.

Sektor pertambangan bukanlah tempat bagi para amatir yang mudah melakukan panic selling ketika saham anjlok dan mudah tergiur untuk membeli saham pertambangan sebagai sikap latah atau sekedar ikut-ikutan investor lain. Sebagaimana nasihat bapak investor dunia Warren Buffet, “tamaklah ketika yang lain takut, dan takutlah ketika yang lain tamak.”

Justru ketika banyak orang melakukan aksi jual karena harga saham sedang turun adalah kesempatan bagi anda untuk membeli saham dengan harga murah, dan ketika banyak orang beramai-ramai membeli saham ketika harga sedang tinggi adalah waktu yang tepat untuk menjual saham anda, namun sekali lagi perlu saya ingatkan bahwa semua aksi di pasar saham haruslah berdasarkan analisis yang mendalam dengan tidak lupa melihat kemampuan fundamental perusahaan. 

Jika setiap keputusan anda di pasar modal haruslah melalui analisis mendalam, lantas apa saja yang perlu kita cermati sebelum terjun di sektor ini?

Diversifikasi

Untuk mengoptimalkan keuntungan dan memeratakan resiko maka anda harus

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Setujukah anda Freeport dikelola oleh asing?
  Tidak setuju
  Sangat Setuju
  Setuju dengan syarat
  No komen

Komentar Terakhir